3/17/2023

Kenapa Suku Lampung Tinggal Sedikit?

Info Lampung Penduduk asli Lampung yang biasanya disebut sebagai Suku Lampung merupakan kelompok etnis yang terdiri dari berbagai sub-suku yang memiliki kebudayaan, bahasa, dan adat-istiadat yang berbeda-beda.

Tidak tepat untuk mengatakan bahwa Suku Lampung tinggal sedikit, karena jumlah penduduk Lampung pada tahun 2020 mencapai sekitar 9,2 juta jiwa dan mayoritas dari penduduk ini adalah Suku Lampung. Namun, ada beberapa faktor yang mempengaruhi populasi Suku Lampung di wilayah Lampung.

Salah satu faktor yang mempengaruhi populasi Suku Lampung adalah migrasi. Lampung menjadi wilayah yang cukup menarik bagi pendatang karena memiliki potensi sumber daya alam yang besar dan beberapa kota besar seperti Bandar Lampung dan Metro. Hal ini menyebabkan adanya migrasi orang dari berbagai daerah ke Lampung, yang dapat mempengaruhi proporsi penduduk asli Suku Lampung.

Selain itu, ada juga faktor-faktor seperti urbanisasi, modernisasi, dan globalisasi yang dapat mempengaruhi budaya dan tradisi Suku Lampung. Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat Lampung mulai terbuka terhadap pengaruh luar dan mengadopsi beberapa aspek budaya modern, yang bisa membuat mereka kurang mempraktikkan kebudayaan tradisional Suku Lampung.

Meskipun begitu, Suku Lampung masih memiliki keberagaman budaya dan adat yang unik dan kaya, serta terus melestarikannya melalui upaya-upaya seperti festival budaya dan program-program pelestarian kebudayaan.