3/14/2023

Cek NPWP degan mudah hanya pakai NIK

Setiap orang yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP wajib membayar pajak. Mungkin anda ingin mengetahui cara cek NPWP online dan offline untuk memastikan status aktif atau tidak.

Cek NPWP

Sangat mudah untuk mengecek apakah NPWP aktif atau tidak. Penasaran bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Apa itu NPWP?

Nomor Pokok Wajib Pajak atau NPWP adalah nomor yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana administrasi perpajakan yang digunakan sebagai tanda pengenal atau identitas diri Wajib Pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Hal ini tertuang dalam Pasal 1 Angka 6 UU No 28 Tahun 2007.

NPWP adalah 15 digit NPWP, dimana 9 merupakan kode unik sebagai NPWP, dan 3 digit berikutnya merupakan kode KPP (Biro Pelayanan Pajak) penerbit NPWP.

NPWP terbagi menjadi dua jenis, yaitu NPWP personal dan NPWP korporasi.

  • NPWP Pribadi: Untuk orang yang sudah memiliki penghasilan di Indonesia.
  • NPWP Perusahaan: Untuk perusahaan atau badan usaha yang memiliki pendapatan di Indonesia.

Sebagai informasi, NPWP merupakan identitas wajib pajak untuk pelaporan SPT Tahunan dan juga sebagai nomor yang menunjukkan status perpajakan dan data wajib pajak.

Selain itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengecek NPWP aktif atau tidak secara berkala. Ini untuk mengetahui status pajak Anda, sah atau tidak.

Cara cek NPWP aktif atau tidak

Ada beberapa cara yang perlu Anda ketahui untuk mengecek NPWP aktif atau tidak. Anda bisa mengecek secara online, offline, atau dengan menghubungi langsung kantor pelayanan pajak.

Berikut panduan cara cek NPWP online dan offline yang bisa Anda ikuti.

1. Cara Cek NPWP Online dengan NIK

Cara cek NPWP online yang pertama adalah dengan menggunakan NIK melalui situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil:

  • Pertama buka website https://ereg.pajak.go.id/ceknpwp.
  • Anda kemudian dapat langsung memasukkan nomor NIK 16 digit dan nomor Kartu Keluarga 16 digit Anda.
  • Masukkan kode captcha sesuai tampilan di layar, lalu klik Search.
  • Setelah itu, sistem akan secara otomatis mencari data yang Anda masukkan.
  • Jika NPWP Anda masih aktif, itu akan menunjukkan nomor dan ID pribadi Anda. Namun jika tidak muncul apa-apa, maka NPWP Anda sudah tidak aktif.

2. Cara konsultasi NPWP online dengan aplikasi DJP

Cara cek NPWP online berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi DJP yang bisa diakses dari ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Instal aplikasi DGT khususnya M-Pajak di ponsel Anda.
  • Kemudian Anda dapat masuk dengan akun yang sama di situs.
  • Klik "Verifikasi NPWP".
  • Sistem akan menampilkan detail Anda jika NPWP Anda aktif. Namun, jika tidak ada yang muncul, Anda dapat menghubungi kantor pajak berdasarkan alamat Anda untuk mendapatkan bantuan.

3. Cara Cek NPWP Online dengan Scan QR Code

Melalui akun resmi Ditjen Pajak di Instagram dijelaskan bahwa ada cara baru untuk berkonsultasi NPWP secara online, yaitu dengan memindai QR Code. Berikut cara memindai kode QR:

  • Langkah pertama verifikasi NPWP online adalah dengan memindai kode QR pada kartu NPWP Anda.
  • Nantinya Anda akan langsung diarahkan ke account.pajak.go.id.
  • Setelah membuka halaman situs, Anda bisa langsung melakukan verifikasi.
  • Kemudian masukkan kode keamanan yang diperlukan pada halaman verifikasi NPWP, lalu klik Verifikasi.
  • Kemudian akan muncul notifikasi untuk memverifikasi NPWP yang telah Anda cek, jika kartu Anda masih aktif.

4. Cara Cek NPWP Online Menggunakan Email

Selain itu, Anda juga bisa mengecek status aktif NPWP melalui email. Caranya mudah, tinggal tulis pesan sesuai niat lalu kirim ke compl@pajak.go.id. Kemudian Anda tinggal menunggu balasan email tersebut.

5. Cara cek NPWP offline

Cara terakhir untuk mengecek NPWP aktif atau tidak adalah offline, yaitu dengan mendatangi langsung Biro Pelayanan Pendapatan (KPP) tempat Anda melakukan NPWP.

Jika ingin menggunakan cara NPWP ini secara offline, jangan lupa siapkan dokumen seperti KTP yang sesuai dengan data NPWP ya.

Selain itu, Anda juga dapat menghubungi kantor pajak di 1500200 sebagai cara untuk mengecek NPWP Anda secara offline. Demikian penjelasan tentang macam-macam cara cek NPWP aktif atau tidak, baik online maupun offline.