3/19/2023

Bagaimana cara membuat portofolio yang bagus untuk masuk jurusan DKV?

Info Lampung Berikut adalah beberapa tips untuk membuat portofolio yang bagus untuk masuk jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV):

  • Tampilkan variasi karya: Tampilkan berbagai jenis karya, seperti ilustrasi, fotografi, desain grafis, dan sebagainya. Jangan hanya menunjukkan satu jenis karya, karena jurusan DKV membutuhkan kreativitas dan kemampuan dalam berbagai jenis media.
  • Pilih karya yang terbaik: Pilih karya terbaik Anda yang menunjukkan kemampuan Anda dalam desain, konsep, dan keterampilan teknis. Pastikan karya tersebut telah menunjukkan potensi dan kemampuan Anda dalam menghasilkan karya yang baik.
  • Buat portofolio yang bersih dan mudah dibaca: Buat portofolio yang bersih dan rapi dengan mengatur karya Anda dalam urutan kronologis atau berdasarkan jenis media. Berikan deskripsi singkat pada setiap karya untuk memberikan konteks dan informasi yang lebih baik pada juri.
  • Tampilkan proses kerja: Tampilkan proses pembuatan karya dalam portofolio Anda, seperti sketsa, mockup, atau perencanaan awal. Ini akan menunjukkan kemampuan Anda dalam merencanakan dan melaksanakan proyek desain.
  • Perhatikan presentasi dan kualitas: Pastikan bahwa portofolio Anda memiliki presentasi yang baik, seperti menggunakan binder atau portfolio case yang rapi dan menarik. Pastikan pula kualitas setiap karya yang Anda masukkan ke dalam portofolio Anda baik dalam hal tampilan maupun teknis.
  • Perbarui portofolio secara teratur: Perbarui portofolio Anda dengan karya terbaru atau karya yang lebih baik. Ini akan menunjukkan kemajuan Anda dalam berkarya dan keterampilan desain Anda.

Jangan lupa untuk meminta saran dan masukan dari guru, mentor, atau profesional dalam bidang DKV. Hal ini dapat membantu Anda memperbaiki portofolio Anda dan mempersiapkan diri untuk masuk ke jurusan DKV yang diinginkan.