3/12/2023

Cara Menjawab Kenapa HRD menanyakan gaji?

Berapa penghasilan Anda di posisi sebelumnya? Berapa yang kamu inginkan sekarang? Apa jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini yang diharapkan dari Anda saat wawancara, kata kata:

Kalo ditanya mau gaji berapa?

Bagaimana jika interview ditanya soal gaji?

Bagaimana cara bertanya tentang gaji?

Kenapa HRD menanyakan gaji?

Berapa rata rata gaji HRD?

Pertanyaan HRD Apa kelemahan Anda?


Cara Menjawab Kenapa HRD menanyakan gaji?

Berapa penghasilan Anda di posisi sebelumnya?

Percakapan tentang gaji saat wawancara biasanya dimulai dengan pertanyaan berapa gaji Anda di tempat kerja sebelumnya. Anda mungkin ditanya bagaimana pekerjaan Anda dulu atau saat ini dibayar, apakah Anda menerima gaji tetap atau penghasilan berbasis kinerja.

Bagaimana menjawab pertanyaan seperti itu? Tidaklah perlu, berusaha untuk meningkatkan nilai Anda di mata perekrut, menelepon nomor terlalu tinggi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Manajer personalia yang berpengalaman memantau tingkat gaji di pasar tenaga kerja dan memiliki gambaran perkiraan tentang berapa banyak penghasilan Anda. Oleh karena itu, jawaban yang jelas tidak memadai akan mengingatkan perekrut: apakah semuanya baik-baik saja dengan harga diri pelamar? Apakah dia melebih-lebihkan bakatnya?

Selain itu, angka yang diremehkan akan menyebabkan perekrut menjadi waspada. Jika pelamar berbicara tentang tanggung jawabnya yang tinggi di tempat kerja sebelumnya, tentang tugas serius yang dia selesaikan, lalu mengapa dia dibayar sangat sedikit?

Jawaban terbaik adalah melaporkan angka sebenarnya dari penghasilan Anda, atau setidaknya satu yang mendekati kenyataan. Pada saat yang sama, Anda dapat mengomentari jawaban berdasarkan tingkat gaji di pasar tenaga kerja untuk spesialisasi Anda. "Ini agak kurang dari apa yang diperoleh spesialis dari profil saya dan dengan pengalaman saya, tetapi semuanya dikompensasi oleh jadwal gratis dan kesempatan untuk kadang-kadang bekerja di rumah"; "Jumlah ini bukan hanya gaji saya, tetapi juga persentase dari penjualan"; "Saya hampir selalu menerima gaji dan bonus berdasarkan hasil kerja, jadi penghasilan saya jauh lebih tinggi daripada banyak rekan kerja," komentar seperti itu akan menunjukkan kepada manajer SDM harga diri Anda yang memadai dan kemampuan untuk mencapai hasil yang tinggi.

Belum siap menjawab? Apakah perjanjian dengan majikan melarang pengungkapan jumlah penghasilan Anda? Menolak untuk menjawab pertanyaan sediplomatis mungkin, sambil menekankan bahwa Anda menghormati ketentuan kontrak Anda. "Saya menandatangani dokumen khusus tentang rahasia komersial yang tidak diungkapkan, yang oleh mantan majikan saya dikaitkan dengan tingkat gaji. Maaf, tapi saya tidak bisa menyebutkan jumlah pastinya. Namun, nomor yang ditentukan dalam lowongan Anda cukup cocok untuk saya dengan beberapa koreksi untuk jam kerja yang tidak teratur", - jawaban seperti itu, misalnya, akan menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang tahu cara menyimpan rahasia, tetapi pada saat yang sama secara konstruktif. cenderung.

Berapa yang kamu inginkan sekarang?

Setelah membahas gaji di pekerjaan lama, Anda akan melanjutkan dengan membahas ekspektasi Anda di tempat baru. Berapa jumlah namanya? Pikirkan jawabannya terlebih dahulu! Perkirakan nilai Anda di pasar tenaga kerja - Superjob.ru telah memberi tahu Anda cara melakukannya. Pertimbangkan semuanya - wilayah tempat Anda bekerja, pengalaman Anda dalam spesialisasi, pengalaman manajerial, tingkat pendidikan, pengetahuan bahasa asing, ketersediaan gelar ilmiah, dll.

Spesialis muda tidak boleh melebih-lebihkan ekspektasi gaji mereka - sering kali permintaan yang tidak memadailah yang membuat para perekrut khawatir. Evaluasi apa yang lebih penting bagi Anda pada tahap ini: gaji lebih tinggi dari rekan Anda, atau pengalaman bekerja di perusahaan yang sukses, meskipun uangnya sedikit lebih sedikit?

Terserah Anda untuk memberikan angka akhir dari permintaan gaji Anda segera, atau untuk mengatakan sedikit lebih dari yang Anda harapkan untuk dapat dinegosiasikan. Paling sering, itu akan menjadi keputusan yang tepat untuk menunjukkan kesetiaan dan kepatuhan dengan menandai jumlah 10-15% lebih banyak.

Bagaimanapun, hasil wawancara, seperti negosiasi bisnis lainnya, bergantung pada kehadiran kedua belah pihak dalam tujuan yang sama dan kemampuan mereka untuk mencapai penyebut yang sama. Kami berharap Anda mendapatkan pekerjaan yang sukses dan penghasilan tinggi!